Saturday, December 22, 2012

Penyebab Darah Menstruasi Keluar Banyak

Mens atau haid bagi wanita adalah hal rutin yang datang setiap bulan. Namun mens pun adakalanya keluar cukup banyak atau sedikit. Ada yang keluar selama 7 hari, 8 hari hingga 12 hari. Adakalanya keluar cuman 2 hari kemudian berhenti Sebenarnya apa  sih penyebabnnya?

Secara normal wanita akan mengalami haids atau menstruasi sekitar 21-35 hari selama 2-8 hari dan mengeluarkan gumpalan darah yang keluar pada saat menstruasi  25-80 ml/perhari.

Ada dua sebutan untuk darah haid atau menstruasi yang keluar 80ml/perhari yakni  menorgia. Sedangkan menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut hipermenorea

Nah, apabila darah yang keluar banyak sekali dan terjadi dalam beberapa hari kadangkala hal ini memicu timbulnya anemia yang ditandai dengan badan yang mudah lelah, wajah menjadi pucat, nafas menjadi lebih pendek, sakit kepala, depresi, bahkan kosentrasi menurun. Berikut ini gejala yang sering dialami menorogi.

  •     Penderita sering mengganti pembalut hampir 1jam sekali
  •     Darah yang keluar dapat berupa  gumpalan
  •     Memakai pembalut ganda pada saat tidur
  •     Haid terjadi lebih dari 1 minggu
  •     Terdapat tanda-tanda anemia
       
Beberapa Penyebab terjadinya Menorragia

penyebab darah haid keluar banyak
  • Adanya kelainan organik. Seperti Adanya infeksi saluran reproduksi, kelainan koagulasi, seperti kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP) dan karena akibat von willebrand disease.
  • Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.
  • Kelainan hormon endokrin misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dllc. Kelainan anatomi rahim seperti  adanya mioma uteri, polip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.Iatrogenik : misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasidan obat-obatan antikoagulan
Pengobatan Bagi Penderita Menorrhagia
Bagi Penderita menorrhagia sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda agar segra dilakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, tes pap smear, biopsi dinding rahim, pemeriksaan USG, dan lain sebagainya. Bila ditemukan Anemi, maka dokter biasanya memberikan zat besi untuk menormalkan jumlah hemoglobin darah.  

Menorrhagia dapat diterapi dengan pemberian hormon dari luar, terutama untuk menorrhagia yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal. Terapi hormonal yang diberikan iasanya berupa obat kontrasepsi kombinasi atau pill kontrasepsi yang hanya mengandung progesteron.

Menorrhagia yang terjadi akibat adanya mioma dapat diterapi dengan melakukan terapi hormonal atau dengan operasi pengangkatan mioma dalam rahim baik dengan kuret ataupun dengan tindakan operasi.

Sebagai panduan yang jelas dan terarah sebaiknya Anda membekali diri dengan membaca buku-buku kesehatan reproduksi sehingga Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda menjadi lebih baik lagi. Bila Anda mengalami menstruasi yang cukup banyak dan ingin mengetahui lebih detail lagi. Baca : Dok, Mengapa darah menstruasi saya keluar banyak?