Sunday, June 9, 2013

Vitamin Agar Cepat Hamil untuk Wanita dan Pria

vitamin agar mudah hamil
Tahukah Anda bahwa awal sebuah  kehamilan dimulai dari kecukupan vitamin dan gizi  pada perencanaan  kehamilan. Vitamin ini penting untuk pria dan wanita. Dokter kandungan biasanya akan  merekomendasikan pemberiaan makanan peningkat kesuburan. Lalu, apa sih vitamin agar cepat hamil itu? 

Vitamin untuk Rencana Kehamilan :

1.  Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk wanita agar supaya cepat hamil. Karena vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel telur. Tahukah Anda bahwa sesungguhnya vitamin C dapat bersinergi dengan vitamin E dan beta karoten yang akan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita.  Asap knalpot dan  makananan tidak sehat yang kita hirup akan  mempengaruhi sistem reproduksi. Apabila sistem reproduksi tidak berjalan dengan  baik, ia akan stress. Karena itu asupan  seperti jeruk, jambu biji, mangga, kiwi, brokoli, asparagus, dan stroberi sangat bagus untuk melindungi kemampuan reproduksi kita.


2. Vitamin E
Vitamin E selain berfungsi untuk kecantikan dan kehalusan kulit, Vitamin E juga berperan penting untuk cepat hamil. Sumber vitamin E antara lain tauge, gandum dan padi-padian utuh. Vitamin E ini selain mampu meningkatkan kesuburan pria dan wanita vitamin E ini juga  menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta sehingga bisa untuk mencegah keguguran.

3. Vitamin D
Untuk mengoptimalkan kesuburan pria dan wanita kita membutuhkan vitamin D.  Konsumsi  sedikitnya 4000 IU per hari.  Meskipun  tubuh kita bisa memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, mentega, atau telur akan cukup membantu meningkatkan kesuburan sehingga peluang hamil akan menjadi lebih besar.

4. Protein
Tempe, tahu, daging, ayam, ikan, telur dan susu sangat dibutuhkan oleh  wanita yang menginkan untuk cepat hamil. Makanan tersebut berguna untuk memperbaiki dan mengganti jaringan di dalam tubuh agar janin tumbuh secara optimal.

5. Kalsium
Janin dalam kandungan  memerlukan  kalsium untuk pertumbuhan tulang.  Anda harus tahu bahwa  seorang ibu apabila hamil dan tidak tercukupi pasokan kalsium, janin dalam kandungan akan mengambil kalsium dari tulang sang ibu. Nah karena itu sangat penting kiranya untuk selalu mengkonsumsi kalsium yang dapat diperoleh dari susu, tahu, dan kacang-kacangan.

6. Zat Besi
Kecukupan zat besi penting artinya untuk bisa segera hamil.  Karena apabila Anda kekurangan zat besi bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin.  Bila kekurangan zat besi bisa bisa memicu cacat pada bayi. Zat besi untuk meningkatkan kesuburan terkandung dalam sayuran hijau organik, daging, beras merah, hati, ikan, kerang, telur, serta kedelai.

7. Asam Folat (Vitamin B)
Janin akan lahir cacat baik secara otak maupun tulang belakang apabila kekurangan vitamin B yang didalamnya terkandung asam folat. Karena itu tiga bulan sebelum kehamilan seorang wanita yang melakukan program perencanaan hamil harus  mengkonsumsi asam folat sebanyak 400mg per hari. Makanan sumber asam folat terdapat pada jus jeruk, bayam, outmeel, storberi dan roti.

8. Vitamin B6
Kekurangan vitamin B6 akan menjadikan ketidakseimbangan hormone.  Penuhi vitamin B6 dengan makan  beras merah, bayam, hati, kacang kedelai dan ikan.

Itulah vitamin yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Mulai saat ini biasakanlah hidup sehat dengan gizi seimbang baik pria maupun wanita. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut vitamin agar cepat hamil dan tata cara mengkonsumsinya  sehingga tingkat kesuburan dapta diukur, Anda bisa baca : Sukses Hamil, diawali dari Vitamin yang dikonsumsi.